Sabtu, 21 Juli 2012

Berapa Kecepatan Bumi Bergerak

Kita semua mungkin tahu bawa Bumi yang kita diami ini bergerak, sehingga terjadi siang dan malam. Kebayang ga sama kita, seberapa cepat Bumi bergerak, kok tidak terasa pergerakan nya. Dari pada penasaran yuk kita simak.

Kecepatan Gerak Bumi

Untuk mengukur kecepatan suatu objek atau benda tentu di perlukan titik referensi, atau titik acuan. Sebagai ilustrasi Jakarta - Milan  dengan jarak 10.000 km di tempuh 10 jam dengan pesawat, kecepatan pesawat 1000 km/jam.

Begitu juga dengan Bumi, titik acuannya dapat diambil dari sumbunya ( Bumi berotasi) dan dari matahari (Bumi mengelilingi matahari)

Kecepatan Bumi bergerak pada sumbunya sekitar 1.670 km/jam, hampir 3 kali lipat kecepatan Pesawat Terbang.

Kecepatan Bumi bergerak mengelilingi Matahari sekitar 108.000 km/jam atau sekitar 150 kali lipat lebih cepat dari pesawat.

Kenapa kita tidak merasakan atau terlempar kalau Bumi bergerak demikian cepat?

Pertanyaan di atas tentu terpikir oleh kita, mari kita jawab satu persatu.

Untuk menggerakan suatu benda di butuhkan gaya (F). Gaya selalu berkaitan dengan akselerasi atau percepatan (a).

Kenapa kita tidak merasakan pergerakan bumi karena gerakan bumi konstan. Contohnya saat anda naik pesawat dan tidak melihat keluar, pasti anda merasa tidak bergerak bukan, begitu juga kita di dalam Bumi.

Keanapa kita tidak terlempar sedangkan Bumi berputar demikian cepat, karena percepatan Bumi terhadap sumbunya sekitar  0,03392 m/dt2, terhadap matahari sekitar 0,005929 m/dt2 di bandingkan dengan grafitasi Bumi 9,8 m.dt2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar