Kamis, 19 Juli 2012

Sarana dan Prasarana Budidaya Krang-krang kroto

Pertanyaan yang agak aneh, masa semut rangrang bisa di ternak. Apa yang ada di pikiran anda, pasti jawabanya beragam ada yang bilang gak bisa, terlalu ribet, takut di gigit dan macam macam deh... Ternyata semut rangrang bisa di ternak dan itu pun sangat mudah. Modal sebuah toples kita bisa berternak semut rangrang penghasil kroto dengan penghasilan yang cukup lumayan.

semut rangrang penghasil krotosemut rangrang penghasil kroto

semut rangrang penghasil krotosemut rangrang penghasil kroto


Anda pasti sudah pernah mendengar tentang kroto, bahkan sudah tidak asing lagi untuk para pecinta burung kicau atau pemancing mania. Sedangkan harga kroto sekarang sudah mencapai kurang lebih Rp.180.000/kg, tergantung pada musim "kata penjual kroto". Apalagi kalau musim penghujan, kroto ini sangat  langka dan harganya bisa melambung tinggi.

Para pemburu kroto enggan mencari jika musim hujan. Apa yang terjadi, maka stock untuk di pasaran akan menjadi langka. Tentunya akan menjadi peluang emas. Menurut saya kroto gak ada matinya, karena para pecinta burung kicau ini semakin lama semakin meningkat.
Inilah gambar rak kayu semut rangrang yang di dalamnya juga masih menggunakan toples. Pembuatan dengan rak kayu juga menguntungkan dari segi perawatan. Karena kita tidak harus mengganti tatakan air dalam jumlah yang besar. Kotoran semut rangrang juga tidak banyak di dalam toples dan menempel di dinding luar. Misalkan ada rak dengan isi 10, tentunya hanya mengganti  air 4 tatakan kaki rak. Sekat atau kotak bisa di buat lebih banyak sesuai ukuran toples. Bayangkan jika anda mempunyai seperti diatas 10 toples dengan tatakan nampan, perbandingan sangat banyak 4:10. Cara pemakaian rak sangat efesien sekali untuk sarang jumlah banyak.

rak toples semut rangrangrak kayu toples semut rangrang
Foto by Kroto Kerangga
Dalam penempatan rak, di haruskan jauh dari udara yang sangat kencang. Jika di tempatkan dalam udara yang sangat  kencang semut rangrang akan terbang kemana mana, disebabkan hembusan angin. Semut rangrang akan berjatuhan.Tentunya nanti akan merepotkan orang di sekitar anda. Pemberian makanan  semut rangrang maupun minuman lebih enak, kita tinggal meletakkan dengan tempat agak luas. Pergerakan semut rangrang juga lebih bebas dan leluasa.
Bagaimana sobat, apakah sudah mencoba dengan menggunakan rak kayu ? selamat mencoba. Pilihan ada pada sobat, mau menggunakan rak atau nampan  Semoga ternak semut rangrang anda jadi banyak dan berkembang.
Saya tunggu cerita anda disini. Semoga bisa bermanfaat.
PERLENGKAPAN YANG DIBUTUHKAN
Selamat pagi sobat semua. Kali ini mas bro akan melanjutkan share mengenai perlengkapan apa saja  yang di butuhkan untuk persiapan ternak semut rangrang di rumah. Sebelum kita melangkah lebih jauh. Setidaknya harus tahu apa saja yang di perlukan.

sarung tangan

Sediakan bahan di bawah ya sob :

1. Lahan
    Untuk lahan  tidak memerlukan tempat  luas. Tidak terkena matahari langsung, tidak kena hujan,cukup udara.

2. Toples
     Ukuran Bebas
     
2. Nampan
    Sesuai dengan ukuran toples, nampan  lebih lebar dari lingkaran toples 

3. Ember plastik / karet besar
    Digunakan untuk tempat sarang waktu pemindahan pertama kali. Sebagai tempat untuk panen kroto

4. Sarung  tangan karet
    Berfungsi untuk menghindari gigitan semut rangrang

5. Tepung
    Agar semut rangrang tidak  menempel. Untuk melumuri tangan yang sudah menggunakan sarung tangan. Dan juga untuk melumuri tepi / dinding ember.

Perlengkapan diatas merupakan persiapan jika sobat ingin berternak dengan media toples terutama dengan penggunaan nampan.
Jika sobat mempunyai rak kayu ( kotak bersusun ) / meja di rumah  akan lebih bagus dengan kaki kakinya di kasih tempat air supaya semut rangrang tidak melarikan diri. Sehingga untuk alat nampan tidak di perlukan lagi. Walaupun menggunakan rak kayu , toples tetap di pakai ( untuk sarang).

Cara Panen Kroto Media Toples

Saat yang di nanti  yaitu cara panen kroto semut rangrang dari  media toples. Penantian yang menegangkan, karena harus berhadapan banyak semut rangrang. Siap di keroyok oleh gigitan dengan rasa yang sangat perih sekali. Misalkan harus digigit 1 semut saja, saya kira masih bisa di atasi. Tetapi bagaimana jika jumlah semut rangrang ratusan bahkan sampai ribuan.

panen kroto

Setelah melihat toples sudah banyak kroto. Pasti sobat berpikir untuk mengambil dan memanen. Entah mau di gunakan untuk kebutuhan sendiri, pakan burung, mancing dan di jual. Tetapi bingung caranya supaya tidak di gigit untuk mengambil krotonya. Apakah mau di panen atau di biarkan saja jadi banyak untuk bibit. Panen kroto di media toples sebenarnya sangat mudah, asalkan kita tahu caranya.


panen kroto


Berikut yang harus di siapkan:

1. Sarung tangan karet
    Untuk apa sih sarung tangan. Supaya kulit kita tergigit secara langsung

2. Tepung pati
    Digunakan untuk melumuri sarung tangan dan dinding ember.

3  Ember (2)
    satu sebagai tempat membongkar toples sedangkan yang ke dua untuk tempat  kroto.

3. Batang kayu kecil / sapu lidi
    untuk merobek jaring putih.,atau sobat bisa gunakan  langsung memakai tangan ( sudah terlindungi sarung tangan+ tepung )

Pengambilan kroto bisa di tepuk tepuk setelah jaring di robek. kroto akan jatuh kebawah. Dibawah kan masih ada tutup toples, ketika kroto sudah diatas tutup toples. Ambil segera tutup toples yang sudah terisi kroto dan pindahkan ke tempat khusus untuk kroto, sebelum menyatu lagi dengan semut rangrang .Begitu seterusnya.

2 komentar:

  1. bagus untuk artikel semutnya...
    saya mrasakan manfaatnya.

    BalasHapus
  2. saya tlah mengikuti artikel mas brow trus dan 1bln ini tlah mencoba trnak kroto dgn cara cari bibit dialam, smut" dah mau bikin sarang ditoples,tpi blom ada ratune, kmaren saya coba kasih calon ratu dari penjual kroto,bnar kata mas bro clon ratu itu dibantai smpai hbis,kmudian saya cari clon ratu lagi,saya masukan dlm toples trsendiri,saya kasih cairan gula&ulat hongkong,dlm wktu smgu jumlah calon ratu itu habis pada mati satu persatu, mohon solusinya mas brooo.........?!
    makasih.....

    BalasHapus