Sabtu, 07 Juli 2012

Tips Latihan Mengetik Dengan Sepuluh Jari

Teman-teman ingin belajar mengetik sepuluh jari???
Nih saya kasih beberapa tips yang teman-teman bisa pakai.................
Pertama
Cari software yang bernama tiping master di internet kemudian download. Setelah itu mainkan sesuai instruksi yang ada di software tersebut.
Kedua
Latihan sendiri
yang pertama, coba perhatikan keyboard teman-teman!. Semua tuts F dan J pada keyboard pasti dilengkapi dengan tonjolan baik berupa tanda ( - ) atau berupa tanda ( . ). Apa teman-temen pernah perhatikan?????????????
yang kedua, Guna dari pada tonjolan yang ada di tuts F dan J adalah supaya kita tidak perlu lagi melihat ke keyboard ketika sedang mengetik.
yang ketiga, letakkan posisi jari seperti ini : jari telunjuk kiri di atas tuts F dan jari telunjuk kanan di atas tuts J!
kedua ibu jari letaknya adalah di tuts spasi dan tidak boleh naik ke tuts huruf.
sedangkan jari sisanya mengikuti. kelingking kiri di A
jari manis kiri di S
jari tengah kiri di D
jari tengah kanan di K
jari manis kanan di L
dan jari kelingking kanan di tuts ; atau :
ini adalah posisi dasar.
yang ketiga, tugas masing-masing jari adalah,..............menekan tombol yang ada di atas dan di bawahnya 1 kolom (vertikal).
contoh :............ jari kelingking kiri tugasnya adalah menekan tombol Q, A, Z
jari manis kiri tugasnya adalah menekan tombol W, S, X
begitu seterusnya................
KECUALI......................
jari telunjuk kiri tugasnya adalah menekan tombol R, F, V, T, G, B
jari telunjuk kanan tugasnya adalah menekan tombol Y, H, N, U, J, M
untuk tombol-tombol yang lain seperti tombong angka, teman2 bisa melatih sendiri jari yang terdekat dengan tombol angka tersebut.
Cara latihannya..................
1. berlatih memposisikan jari ke dalam posisi dasar terlebih dahulu TANPA MELIHAT KEYBOARD (pandangan ke monitor), caranya dengan meraba keyboard dan mencari tonjolan yang ada di tombol F dan J.
2. melatih pelemasan jari, biasanya jari kelingking, jari manis adalah jari yang paling kaku dan paling cepat terasa lelah karena jarang dipergunakan untuk mengetik.
3. saya sarankan teman2 mendownload sofware tiping master di internet atau software lainnya, karena di software tersebut terdapat latihan-latihan yang bisa membantu teman-teman menjadi terbiasa mengetik sepuluh jari.

2 komentar: