Senin, 06 Agustus 2012

Prospek usaha jamur tiram

bagi kalian yang pengen mengetahui bagaimana cara membuat bibit jamur tiram serta mengetahui peluang bisnis jamur tiram serta cara budidaya jamur tiram berikut ini saya mencoba memberikan sedikit share mengenai cara membuat bibit jamur tiram ini, dimana artikel ini saya dapatkan dari berbagai sumber yang telah berhasil melakukan budi daya jamur tiram sebagai salah satu peluang bisnis yang menggiurkan.
Bibit Jamur Tiram
Untuk memulai bisnis jamur tiram kita harus mempunyai bibit yang unggul supaya hasil yang kita dapatkan juga maksimal, Membelinya bibit jamur tiram agak sulit karena tidak semua bibit yang akan kita beli merupakan bibit jamur tiram yang berkualitas unggul. Oleh karena alasan diatas maka banyak yang memutuskan untuk membuat bibit jamur tiram sendiri.

Langkah-langkah membuat bibit jamur tiram yang baik

Pengambilan Spora bibit jamur tiram

Spora jamur tiram bisa kita dapatkan dari jamur yang sudah dewasa/jamur induk. Spora ini merupakan alat untuk berkembang biak. Cara mengambil spora dari jamur tiram adalah dalam bilah-bilah atau terdapat di dalam kantung yang disebut Basidiospore. Basidiospore ini adanya di ujung basidia. Basidia terdapat di dalam bilah-bilah atau sekat banyak dimiliki jamur induk. Untuk menghasilkan kultur murni gunakanlah Potatoes Dextrose Agar (PDA) yang dapat dibeli dalam bentuk siap pakai.
Pembuatan Media tanam bibit Jamur Tiram

Media tanam jamur tiram yang bagus adalah jerami/merang, meskipun begitu ada juga yang memanfaatkan serbuk gergaji, klobot jagung atau bekatul sebagai media tanam jamur merang ini. Dimana media tanam ini dicampur dengan air, dedak 10% dan kapur 1%. Berikut ini tahap-tahap pembuatan media tanam untuk bibit jamur tiram tersebut
  1. Menyiapkan jerami dengan cara memotong jerami menjadi berukuran 1-2 cm.
  2. Rendam potongan jerami selama 1 malam kemudian angkat dan tiriskan
  3. Menambah bahan lain seperti dedak 10% dan kapur 1% kemudian diaduk rata
  4. Masukkan semua bahan yang telah di campur tadi ke dalam plastik yang tahan panas hingga terisi 2/3 bagian, kemudian padatkan dengan cara dipukul-pukul dengan botol kaca.
  5. Jangan lupa dilapisi dengan kertas dan diikat dengan karet.
  6. Pada bagian atas Leher plastik bagian atas dimasukkan pipa paralon dan bagian tengahnya diberi lubang, kemudian tancapkan tips.
  7. Tutup dengan kapas lalu media substrat dilapisi dengan kertas dan diikat dengan karet
  8. Disterilisasi pada suhu 121˚C selama 20 menit
  9. Media substrat dibuka lalu tips di tengah-tengah media dan kapas diambil dengan pinset steril.
  10. Masukkan bibit jamur tiram pada lubang yang terbentuk.
  11. Media substrat ditutup dengan kapas lagi dan dibungkus dengan kertas.
  12. Diinkubasi pada suhu ruang selama beberapa minggu hingga tumbuh miselium
  13. Kapas pada media dibuang dan media dibiarkan terbuka
  14. Semprotkan air setiap hari pada tempat pertumbuhan jamur agar kondisi sekitar terjaga kelembabannya.
  15. Tubuh buah jamur akan tumbuh secara perlahan-lahan dalam waktu sekitar 1 bulan.
Prospek usaha jamur tiram

Prospek atau peluang bisnins budidaya jamur tiram ini sangat cerah, berikut ini hitungan kotornya (asumsi pendapatan dari 1000 bag log).
  • Asumsi tiap hari panen 10 kg (rata-rata antara 8-12kg )
  • Waktu panen effektif 3 bulan (90 hari, bisa lebih bahkan sampai 4 bulan )
  • Harga Rp. 9000/kg curah
  • Total penghasilan (kotor) = 10 x 90 x 9000 =Rp.8.100.000,-
Menurut hitungan diatas sangat menggiurkan sekali peluang bisnis jamur tiram ini, dimana biasanya kita kesulitan dalam membeli bibit jamur tiram ini, akan tetapi semoga dengan sedikit penjelasan di atas bisa memberikan pencerahan kepada anda yang pengen melakukan budidaya jamur tiram ini, khusunya pencerahan mengenai cara membuat bibit jamur tiram tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar